[PLACES TO GO] Tempat-Tempat Wisata di Singapore

Kalau Anda memiliki kesempatan ke Singapore, barangkali Anda perlu referensi tempat-tempat wisata di Singapore yang ngehitz, yang paling terkenal dan yang paling instagramable. Bagi saya, hampir semua tempat wisata di Singapore memiliki tempat yang sangat baik, mulai dari keindahan hingga kebersihan. Tetapi, karena keterbatasan waktu mungkin Anda tidak bisa mengunjungi semua tempat sekaligus. Oleh karena itu, dalam postingan ini, saya akan coba membagikan tempat-tempat wisata di Singapore yang pernah saya kunjungi, lengkap dengan apa-apa saja yang perlu Anda ketahui tentang tempat tersebut. Semoga bermanfaat ya.

Orchard Road

Orchard Road merupakan suatu jalan yang dipenuhi dengan mall-mall terkenal dan megah. Apa sebenarnya yang luar biasa dari Orchard Road ini? Ya, betul, pemadangan kemegahan gedung mall-mall yang ada di sini menjadi suatu hal yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, Anda akan menemukan banyak penjual es krim wafer, es krim potong, dan es krim roti di sepanjang jalan ini. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh coklat dengan harga yang murah, Orchard Road merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Alamat

Orchard Road

 

Jam Operasional

10.00 – 22.00 SG

 

Harga

Tiket Masuk: Free

Harga Oleh-Oleh (Coklat): SGD 5 – SGD 30

Harga Es Krim: SGD 1 – SGD 5

 

Cara Ke Sana

Gunakan MRT North South Line (Merah) menuju stasiun MRT Orchard. Ketika sampai, Anda akan sampai di ION Mall Orchard, cari jalan keluar dan Anda sudah sampai di Orchard Road.

Merlion Park

Merlion Park berada di aliran Singapore River yang mana di tempat ini Anda akan menemukan ikon negara Singapore, yaitu patung singa. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak ikon-ikon Singapore yang lainnya, seperti Helix Bridge, Jubilee Bridge, Marina Bay Sands, Esplanade, Singapore River dan Art Science Museum. Semua tempat ini dihubungkan dengan tempat berjalan yang memadai sehingga Anda bisa mengelilingi semua tempat ini dengan berjalan kaki yang memakan waktu sekitar 2 jam.

Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, ntah siang, sore, bahkan malam selalu ramai saja. Terutama jika malam hari maka Anda bisa melihat banyak orang berlari, berjalan santai, hingga bermain sepeda. Pada waktu tertentu Anda juga bisa menikmati pemandangan Marina Bay Sands yang berganti-ganti lampu dan juga ada laser show. Jika Anda sampai di sekitar Marina Bay Sands, akan ada pertunjukkan kabut yang spektakuler setiap weekend. Tempat ini wajib Anda kunjungi untuk melihat keindahan lain dari negeri singa ini.

Alamat

1 Fullerton Rd, Singapura 049213

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Free

 

Cara Ke Sana

Ada banyak cara ke Merlion Park, jalur MRT East West Line (Hijau) atau jalur North South Line (Merah) menuju stasiun MRT Raffless Place atau stasiun MRT City Hall.

Tetapi, yang paling saya rekomendasikan adalah melalui jalur MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Esplanade. Setelah sampai Anda akan berada di Mall One Raffless Link, ikuti petunjuk menuju Esplanade Theatre, setelah keluar dari pintu utama Esplanade, belok kiri, lalu gunakan Jubilee Bridge di sebelah kanan Anda untuk sampai di Merlion Park.

Esplanade

Esplanade adalah gedung pertunjukan kelas dunia yang dimiliki Singapore. Yang unik dari gedung ini adalah bentuknya yang seperti 2 buah durian. Mengingat gedung ini sangat besar sehingga terkadang sangat sulit untuk mengambil foto gedung ini dengan baik. Menurut saya, spot terbaik untuk mengambil secara jelas adalah dari Jubilee Bridge. Tidak banyak yang Anda bisa lakukan di sini kecuali melihat gambar, pameran lukisan, pameran foto dan kerajinan seni yang unik di dalamnya. Jika di sini sedang ada pertunjukan seni Anda juga bisa menontonnya secara langsung, namun tentu saja tidak semua pertunjukannya gratis. Selain itu, di luar Espalanade ada Theatres on the Bay yang bisa Anda nikmati jika ada pertunjukan di sana atau sekedar duduk-duduk menikmati angin sepoi-sepoi di sana.

Alamat

1 Esplanade Dr, Singapura 038981

 

Jam Operasional

10.00 – 23.00 SG (estimated)

 

Harga

Free

 

Cara Ke Sana

Gunakan jalur MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Esplanade. Setelah sampai Anda akan berada di Mall One Raffless Link, ikuti petunjuk menuju Esplanade Theatre.

Helix Bridge

Helix Bridge merupakan jembatan yang menghubungkan 2 daratan di Singapore yang dipisahkan oleh teluk Marina. Helix Bridge berada tepat berseberangan dengan Jubilee Bridge. Helix Bridge sangat indah jika Anda mengunjunginya di malam hari. Ada lampu-lampu berwarna ungu di sepanjang jembatan ini. Di sepanjang jembatan ini juga banya terdapat anjungan yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan di sekitar teluk Marina dan sungai Singapore. Di pangkal Helix Bridge Anda akan menemukan penjual es krim Singapore seperti di Orchard Road.

Alamat

Helix Bridge

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Free

 

Cara Ke Sana

Gunakan jalur MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Esplanade. Setelah sampai Anda akan berada di Mall One Raffless Link, ikuti petunjuk menuju Esplanade Theatre, setelah keluar dari pintu utama Esplanade, belok kiri, lalu ikuti jalan ke sebelah kiri hingga sampai di Helix Bridge.

Marina Bay Sands

Marina Bay Sands pada dasarnya merupakan hotel yang memiliki arsitektur gedung paling spektakuler di Singapore, yaitu memiliki 3 gedung yang di atasnya disambung oleh sebuah daratan berbentuk seperti kapal. Di atas kapal ini terdapat kolam berenang infinity yang besar dan mampu menampung ribuan orang. Di gedung ini juga terdapat mall yang menjual barang-barang branded dari seluruh penjuru dunia. Yang paling unik di gedung ini adalah adanya kapal sampan yang bisa membawa kita melihat-lihat bagian dalam gedung Marina Bay Sands ini, layaknya kapal-kapal di Venice, Italia. Marina Bay Sands merupakan sebuah karya arsitektur terbaik yang dimiliki Singapore yang oleh karenanya Anda wajib untuk mengunjungi tempat ini.

Alamat

10 Bayfront Avenue, Singapura 018956

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Hotel: Mulai Rp 5.000.000/Kamar/Malam

Sampan: SGD 10/Orang

 

Cara Ke Sana

Gunakan jalur MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Bayfront. Ikuti petunjuk jalan keluar menuju Marina Bay Sands/The Shoppes.

Gardens by the Bay

Gardens by the Bay adalah sebuah taman raksasa buatan yang dimiliki Singapore dengan sistem pengairan canggih. Air yang digunakan untuk mengairi taman raksasa ini diperoleh dari danau buatan yang berada di dalam kompleks Gardens by the Bay. Dan begitulah alur ini berputar setiap waktu. Di dalam Gardens by the Bay terdapat beberapa wahana berbayar yang bisa Anda lihat, antara lain OCBC Skyway, Flower Dome dan Cloud Forest. Selain itu, Anda bisa menikmatinya dengan gratis. Ada banyak taman di sini, Anda harus memastikan memiliki stamina yang baik jika ingin mengelilingi seluruh tempat di sini. Intinya, Gardens by the Bay adalah taman raksasa buatan, tentunya memiliki berjuta keindahan yang sayang jika Anda lewatkan.

Alamat

18 Marina Gardens Dr, Singapura 018953

 

Jam Operasional

05.00 – 02.00 SG

 

Harga

Tiket Masuk Gardens by the Bay: Free

Tiket Masuk OCBC Skyway: SGD 8

Tiket Masuk Cloud Forest + Flower Dome: SGD 28

 

Cara Ke Sana

Gunakan jalur MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Bayfront. Ikuti petunjuk jalan keluar menuju Garden by the Bay.

 

Bugis Street

Bugis Street adalah sebuah tempat yang berada tepat di seberang Bugis Junction. Di Bugis Street terdapat banyak jenis barang yang dijual dengan harga relatif murah, mulai dari street food, oleh-oleh coklat, hingga oleh-oleh souvenir seperti baju, dompet dan tas. Bugis Street sangat ramai terutama saat hari libur dan hari minggu sehingga Anda harus memiliki kesabaran dan ingat untuk tetap tertib di sini. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, selain di Orchard Road, Bugis Street juga merupakan tempat yang saya rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Tetapi untuk food street-nya, Anda harus pandai memilih dan jangan sungkan untuk bertanya karena tidak semuanya merupakan makanan halal.

Alamat

3 New Bugis Street, #03-01, Singapura 188867

 

Jam Operasional

11.00 – 23.00 SG

 

Harga

SGD 1 – SGD 30

 

Cara Ke Sana

Gunakan MRT East West Line (Hijau) atau Downtown Line (Biru) menuju stasiun MRT Bugis. Jika Anda menuju ke sini menggunakan East West Line, setelah keluar dari stasiun MRT Bugis, Anda akan melihat Guardian di sana, belok kanan, lalu naik tangga ke atas, di atas lurus sedikit Anda akan menemukan zebra cross, seberangi jalan, dan Anda sudah sampai di Bugis Street.

Jika Anda menuju ke sini menggunakan Downtown Line (Biru), ikuti petunjuk menuju East West Line (Hijau), jika sudah menemukan Guardian dekat pintu masuk stasiun MRT Bugis, Anda tinggal ikuti petunjuk di atas.

Haji Lane & Arab Street

Seperti yang sudah saya tulis di postingan saya tentang Fakta, Tips & Saran Jalan-Jalan di Singapore, bahwa makanan di Singapore sebagian besar merupakan makanan yang tidak halal. Bagaimana kita mencari makanan halal di Singapore? Haji Lane & Arab Street hadir di Singapore untuk memudahkan Anda mencari makanan halal, disamping Anda akan menemukan bangunan-bangunan bergaya negara Islam di sini. Bangunan di sini sangat artistik dan indah bagi Anda yang ingin hunting foto atau sekedar berpose.

Alamat

Haji Lane

Arab Street

 

Jam Operasional

07.00 – 23.00 SG

 

Harga

SGD 5 – SGD 20

 

Cara Ke Sana

Gunakan MRT East West Line (Hijau) atau Downtown Line (Biru) menuju stasiun MRT Bugis, ikuti petunjuk menuju pintu keluar B. Setelah keluar, belok ke kanan, Anda akan menemukan Raffless Hospital, setelah itu pada persimpangan berikutnya, belok kanan, dan belok kiri pada simpang berikutnya. Haji Lane berada di sebelah kanan Anda pada belokan yang kedua. Jika Anda lurus lagi, pada persimpangan berikutnya Anda sampai di Arab Street.

Singapore Botanical Garden

Singapore Botanical Garden adalah taman flora raksasa lainnya yang ada di Singapore. Singapore Botanical Garden merupakan paru-paru negara Singapore sehingga jika pohon-pohon yang ada di sini ditebang, kemungkinan besar warga Singapore akan kekurangan banyak oksigen. Di dalam Singapore Botanical Garden Anda akan melihat banyak jenis varian pohon dan bunga serta hamparan hijau. Di sini Anda juga bisa menemukan sebuah taman yang berisi pelestarian bunga Anggrek, karena Anggrek merupakan bunga khas Singapore. Jika Anda ingin untuk berjalan santai dan menikmati rindangnya pepohonan di sini, silakan mengunjungi tempat ini. Di sini juga banyak orang yang bersantai dan bermain sepeda.

Alamat

1 Cluny Rd, Singapore 259569

 

Jam Operasional

05.00 – 00.00 SG

 

Harga

Tiket Masuk Botanical Garden: Free

Tiket Masuk Taman Bunga Anggrek: SGD 5

 

Cara Ke Sana

Gunakan MRT Circle Line (Jingga) atau MRT Downtown Line (Biru) menuju stasiun MRT Botanic Garden. Ikuti petunjuk jalan keluar menuju Singapore Botanical Garden.

Henderson Waves

Henderson Waves adalah sebuah jembatan yang memiliki arsitektur seperti gelombang dan berada di ketinggian. Dari atas, Anda bisa melihat pemandangan tata kota Singapore dari ketinggian. Karena berada di ketinggian, jika Anda berada di sini, Anda akan merasakan angin sepoi-sepoi sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar sore hingga malam hari. Ketika malam tiba, lampu yang sudah menyala akan membuat Anda terpesona.

Alamat

Henderson Road, Singapura 159557

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Free

 

Cara Ke Sana

Gunakan MRT North East Line (Ungu) atau MRT Circle Line (Jingga) menuju stasiun MRT Harbour Front. Sesampainya di sini, ikuti petunjuk pintu keluar D, Anda akan menemukan halte bus. Gunakan bus bernomor 131 atau 145 menuju halte bus After Telok Blangah atau perhentian yang ke-5.

Baca Juga:

[SG TRIP – DAY 1 PART 1 – 12.11.2016] Bersyukurlah dan Berikan dari Kekuranganmu

[ITINERARY] Ringkasan Itinerary dan Biaya Perjalanan Singapore 2D1N (12-13 November 2016)

[THINGS TO DO] Fakta, Tips & Saran Jalan-Jalan di Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *