[PLACES TO GO] Tempat-Tempat Wisata di Jogjakarta

Jogjakarta Kota Pelajar. Jogjakarta Kota Budaya. Jogjakarta Kota Penuh Keramahan. Jogjakarta Kota Penuh Kerinduan. Begitu banyak julukan kota Jogjakarta. Begitu banyak misteri keindahan Jogjakarta yang sudah banyak tertuang di internet, tetapi akan menjadi lebih banyak lagi kalau kita mengunjunginya langsung. Saking banyaknya orang seringkali bingung hendak berkunjung kemana. Sebagian yang lainnya merasa tidak cukup mengunjungi Jogjakarta sekali saja. Berikut ini saya ingin mencoba berbagi tempat-tempat wisata di Jogjakarta yang bisa Anda kunjungi berdasarkan pengalaman saya.

Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata yang tergolong baru, bila dibandingkan dengan wisata-wisata lainnya seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Wisata Kalibiru merupakan tempat wisata yang berada di kabupaten Kulon Progo, berada di dataran tinggi, meskipun cuaca di sana terbilang panas, bukan dingin. Ada banyak panggung-panggung yang tersedia di tempat wisata ini yang disediakan untuk berfoto-foto. Pemandangan yang disediakan di tempat wisata ini sangat indah. Selain itu, Anda bisa berfoto juga dengan burung hantu di dekat pintu keluar tempat wisata ini.

Alamat

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

 

Jam Operasional

06.00 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk: Rp 10.000

Tiket Masuk Panggung: Rp 15.000 – Rp 30.000 (estimated)

Jasa Foto di Panggung: Rp 5.000/foto (softcopy) – min. 4 foto

Jasa Foto dengan Burung Hantu: Sukarela

Candi Borobudur

Rasanya tidak ada warga negara Indonesia saat ini yang tidak mengetahui candi yang satu ini. Bahkan turis dari mancanegara banyak yang ingin berkunjung untuk berwisata di sini. Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan candi beragama Buddha. Ketika Hari Raya Waisak tiba, candi ini akan digunakan untuk perayaan Waisak Nasional, perutusan setiap provinsi dari seluruh Indonesia akan hadir untuk perayaan itu. Hal membanggakan lainnya dari Candi Borobudur adalah karena candi ini merupakan salah satu keajaiban dunia. Prestasi Candi Borobudur tidak berhenti di sana, Candi Borobudur juga merupakan salah satu situs peninggalan budaya bersejarah yang terdaftar di UNESCO. Oleh karena itu, Candi Borobudur merupakan wisata budaya yang wajib Anda kunjungi ketika Anda berkunjung ke Jogjakarta. Di dalam Candi Borobudur ada jasa guide yang akan menemani Anda keliling Jogjakarta sambil menjelaskan sejarah dari Candi Borobudur. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa guide ini.

Alamat

Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

 

Jam Operasional

06.00 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Dewasa (6 tahun ke atas): Rp 40.000

Tiket Masuk Anak Kecil (4-6 tahun): Rp 20.000

Tiket Masuk Wisatawan Asing: USD 25

Jasa Guide: Rp 100.000

Candi Mendut & Candi Pawon

Candi Mendut dan Candi Pawon mungkin merupakan candi di Jogjakarta yang tidak seterkenal Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Namun demikian, Candi Mendut dan Candi Pawon tetaplah tempat wisata di Jogjakarta yang patut untuk dikunjungi. Sekurang-kurangnya kedua candi ini tetap menjadi saksi perarakan pada Perayaan Waisak Nasional setiap tahunnya. Memang tidak seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan yang bisa kita kelilingi dan banyak hal yang bisa diexplore, Candi Mendut dan Candi Pawon hanyalah sebuah candi kecil yang di dalamnya melukiskan sejarah dari candi tersebut.

Alamat

Candi Pawon

Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Candi Mendut

Jl. Mayor Kusen, Ngrajek, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512

 

Jam Operasional

06.00 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Domestik: Rp 20.000

Tiket Masuk Wisatawan Asing: USD 10

Candi Prambanan

Satu lagi situs peninggalan budaya bersejarah yang terdaftar di UNESCO milik Indonesia, ialah Candi Prambanan. Kompleks Candi Prambanan lumayan luas untuk kita explore. Meskipun tidak seluas Candi Borobudur, Candi Prambanan tetap saja memiliki keindahan tersendiri. Candi Prambanan yang luas itu bisa juga Anda explore dengan bersepeda, dimana dengan cara ini, Anda akan sangat banyak menghemat waktu dan tenaga Anda, meski Anda tidak diperkenankan untuk bersepeda di seluruh wilayah Candi Prambanan, tetapi hanya pada jalur yang sudah disediakan. Selain dengan sepeda, Candi Prambanan juga menyediakan kereta sambung yang akan mengajak Anda keliling kompleks Candi Prambanan.

Alamat

Bokoharjo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta

 

Jam Operasional

06.00 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Dewasa (6 tahun ke atas): Rp 40.000

Tiket Masuk Anak Kecil (4-6 tahun): Rp 20.000

Tiket Masuk Wisatawan Asing: USD 25

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak hanya tepat di belakang Candi Prambanan. Anda bisa menuju ke Candi Ratu Boko dengan bus shuttle yang disediakan di Candi Prambanan. Tetapi, Anda bisa juga masuk ke Candi Ratu Boko lewat pintu utamannya, yaitu keluar dulu dari Candi Prambanan dan masuk dari pintu utama Candi Ratu Boko. Jika Anda mengunjungi Candi Ratu Boko saat sore hari, jangan lewatkan untuk menyaksikan sunset di sini.

Alamat

Bokoharjo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta

 

Jam Operasional

06.00 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Dewasa (6 tahun ke atas): Rp 40.000

Tiket Masuk Anak Kecil (4-6 tahun): Rp 20.000

Tiket Masuk Wisatawan Asing: USD 25

Gua Pindul

Gua Pindul juga merupakan salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang wajib Anda kunjungi. Gua Pindul merupakan salah satu tempat wisata alam yang berbeda dari tempat wisata yang lainnya. Di sini Anda akan menelusuri ke dalam Gua yang digenangi air, seramnya, genangan air ini memiliki kedalaman mulai dari 30cm hingga yang paling dalam adalah 12m. Di dalam gua juga pencahayaannya sangat kurang, bahkan ada masanya kita tidak mendapatkan pencahayaan sama sekali. Gua Pindul merupakan tempat wisata yang unik dan seru, tetapi juga berbahaya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berhati-hati dan mengikuti saran dari guide yang disediakan. Selain cave tubing, Anda juga bisa rafting/river tubing di Sungai Oyo.

Alamat

Jl. Goa Pindul, RT.03 / RW.16, Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891

 

Jam Operasional

06.30 – 17.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Wisata Gua Pindul: Rp 10.000

Tiket Masuk Cave Tubing: 50.000

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti hanyalah salah satu pantai yang membentang di pesisir Jogjakarta, yaitu di daerah Gunung Kidul. Masih ada banyak pantai lainnya di daerah Gunung Kidul yang bisa Anda kunjungi di sini. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi ketika saya berkunjung ke sana pada November 2016. Oleh karena itu, Anda yang ingin bermain air hendaknya berhati-hati. Di Pantai Indrayanti terdapat seperti bukit yang bisa Anda naiki melalui tangga yang tersedia. Dari atas, pemandangan yang disuguhkan sangat indah.

Alamat

Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Tiket Masuk: Rp 10.000

Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah suatu daerah bukit di Bantul, Jogjakarta, di mana terdapat banyak Rumah Makan di sana yang menyuguhkan pemandangan kota Jogjakarta dari atas. Pemandangan dari Bukit Bintang saat malam hari sangat indah dengan gemerlap lampu kota Jogjakarta. Makanan yang disediakan di rumah makan-rumah makan di Bukit Bintang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang enak. Jika Anda berkunjung bersama pasangan Anda, Bukit Bintang bisa jadi merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk menghabiskan malam bersama pasangan Anda.

Alamat

Srimartani, Piyungan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55792

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Free

Jalan Malioboro

Seharusnya tidak ada orang yang tidak kenal dengan Jalan Malioboro yang terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Begitu pun dengan orang yang sedang berkunjung ke Jogjakarta pasti penasaran dengan tempat yang satu ini. Pesona Jalan Malioboro begitu luar biasa di benak banyak orang. Tetapi, pesona Jalan Malioboro tidaklah hanya sekedar kebesaran namanya saja, tetapi beragamnya barang yang dijual di sana menjadi bukti bahwa Anda wajib untuk mengunjungi Jalan Malioboro. Mulai dari angkringan untuk makan, oleh-oleh, baju, pernak-pernik, tas, sepatu, dan masih banyak lagi barang yang dijual di sana dengan harga yang terbilang murah.

Alamat

Jl. Malioboro No.60, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

 

Jam Operasional

24 Jam

 

Harga

Free

Batik Luhung

Jika Anda ingin berbelanja batik asli Jogjakarta, saya merekomendasikan Anda untuk mengunjungi tempat ini. Selain bisa berbelanja batik asli Jogjakarta, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik tulis di sini. Pabrik batik tulis Luhung ini berada di sebuah rumah biasa. Kualitas batik yang ditawarkan juga lumayan baik.

Alamat

Jl. Patangpuluhan No.12, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

 

Jam Operasional

08.00 – 20.00 WIB

 

Harga

Harga Produk: Rp 100.000 – Rp 600.000

Museum De’Mata & De’Arca

Museum De’Mata merupakan museum 3D Trick Eye yang ada di Jogjakarta. Sedangkan Museum De’Arca adalah museum yang menyediakan patung-patung tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia. Menurut saya Museum De’Mata dan De’Arca yang ada di Jogjakarta ini sudah cukup bagus bila dibandingkan dengan museum-museum sejenis yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Alamat

XT Square, XT Square Gedung Umar Kayam Lantai Basement, No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Jl. Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55161

 

Jam Operasional

10.00 – 22.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk Museum De’Mata 1: Rp 30.000 – Rp 60.000

Tiket Masuk Museum De’Mata 2: Rp 25.000 – Rp 40.000

Tiket Masuk Museum De’Arca: Rp 35.000 – Rp 60.000

Tiket Masuk Terusan: Rp 85.000 – Rp 120.000

Taman Nasional Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif yang ada di Indonesia. Tanggal 26 Oktober 2010 adalah letusan Gunung Merapi yang terakhir. Di lereng Gunung Merapi terdapat banyak pemukiman warga yang kemudian hancur karena lava Gunung Merapi pada tahun 2010 itu. Sejak saat itu, sebagian besar warga sudah banyak pindah ke tempat lain yang jauh dari Gunung Merapi untuk berjaga apabila suatu saat Gunung Merapi kembali meletus. Oleh karena itu, saat ini di lereng Gunung Merapi digunakan untuk wisata tentang Gunung Merapi, terutama sejarah meletusnya Gunung Merapi dan peninggalan akibat letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu. Selain itu, ada tempat lain yang bisa Anda kunjungi, seperti Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku dan Makam Mbah Marijan. Untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut banyak penyedia jeep tour di lereng Gunung Merapi, Anda bisa memilih salah satunya.

Alamat

Jl. Kaliurang KM 22,6, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

 

Jam Operasional

08.00 – 16.00 WIB

 

Harga

Tiket Masuk: Rp 10.500

Jeep Tour: Rp 350.000 – Rp 500.000

Baca Juga:

[JOGJA TRIP – DAY 1 – 05.11.2016] Jogjakarta: Ramah, Santai, Ekonomis & Selalu Ku Rindukan

[ITINERARY] Ringkasan Itinerary & Biaya Perjalanan Jogjakarta 7D7N (5-11 November 2016)

[THINGS TO DO] Fakta, Tips & Saran Jalan-Jalan di Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *