[JOGJA TRIP – DAY 2 PART 1 – 06.11.2016] Wisata Kalibiru, Jogjakarta: Magnificent View and Experience

Wisata Kalibiru, Jogjakarta, 06 November 2016, 10.30 WIB

Setelah bersiap-siap, mandi dan sarapan pagi, kami dijemput di Hotel Indoluxe oleh supir dari Nagan Tour untuk dibawa pada perjalanan hari pertama. Perjalanan kami selama 3 hari akan dipandu oleh Mas Atin. Jam 08.00 WIB kami berangkat dari Hotel Indoluxe menuju Wisata Kalibiru. Perjalanan menuju Wisata Kalibiru seingat saya ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Wisata Kalibiru konon merupakan tempat wisata baru di Jogjakarta. Tempatnya berada di dataran tinggi, namun sayang sekali cuacanya tidak seperti ketika kita berada di Puncak atau Berastagi yang relatif sejuk.

Di Kalibiru cuacanya relatif panas, bahkan ketika saya di sana angin juga sangat minim sekali sehingga cukup membuat kami bercucuran keringat. Selain itu, medan yang terjal juga membuat kami cukup kelelahan. Dari tempat parkir menuju panggung tempat foto-foto harus kita tempuh dengan jalan kaki, harus naik tanjakan yang curam, juga naik-turun tangga.

Tempat Wisata Kalibiru cukup ramai sehingga kita butuh kesabaran ekstra untuk antri dan menunggu orang lain untuk berfoto-foto. Namun sejauh yang saya dengar dan tau, setiap orang diberikan batas maksimal hingga 3 menit saja untuk berpose. Ada sekitar 4-5 panggung untuk berfoto dan setiap kita mau foto di suatu panggung, ada biayanya. Setelah kami berkeliling, karena hari Minggu maka banyak panggung yang ramai pengunjung hingga saya dapat di salah satu panggung yang saya lupa nama panggungnya apa. Panggung tersebut lumayan sepi hanya ada 1-2 orang yang antri, maka kami langsung beli tiketnya seharga Rp 20.000/orang.

Dengan pemandangan yang demikian indah, kelelahan naik-turun tangga dan menanjak jalan yang curam terbayar sudah dengan hasil jepretan yang sangat apik, baik saat di panggung maupun jepretan sendiri dalam perjalanan berkeliling kompleks Wisata Kalibiru itu sendiri. Selain biaya masuk Rp 20.000/orang, kita juga harus merogoh kocek untuk jasa foto lokal, Rp 5.000/foto dan kita harus membeli min. 4 foto. Jika kita mau ambil lebih, tinggal dikalikan saja kelebihannya. Foto yang kita dapatkan dalam bentuk softcopy yang langsung ditransfer ke HP kita masing-masing.

Wisata Kalibiru, Jogjakarta, 06 November 2016, 10.00 WIB

Setelah selesai kami berfoto, kami jalan keluar untuk kembali melanjutkan perjalanan kami. Di dekat area masuk/keluar, ada sekelompok orang yang menyewakan peliharaan burung hantu untuk berfoto dengan kita. Burung hantu tersebut tentu saja sudah jinak dan diikat kakinya sehingga tidak bisa kabur. Namun, bisa juga terjadi burung hantunya enggan untuk difoto seperti yang terjadi pada salah satu burung hantu ketika teman saya mau berfoto. Burung hantu yang tersedia ada sekitar 5 ekor dan kita boleh memilih yang kita suka. Terserah kita mau berpose seperti apa dengan burung hantunya, biasanya di pundak atau di lengan. Untuk biayanya kita boleh memberikan dengan sukarela ke kardus yang telah disediakan, ketika itu saya memberikan Rp 10.000.

Berpose dengan burung hantu di Kalibiru, Jogjakarta, 06 November 2016, 11.00 WIB

Selesailah sudah kunjungan saya ke Wisata Kalibiru. Perjalanan yang cukup melelahkan tetapi terbayar dengan pemandangan yang apik dan pengalaman baru berfoto. Meskipun panas dan bercucuran keringat, namun saya puas dengan apa yang saya dapatkan di sini.

Sebuah pengalaman baru, sebuah pemandangan indah yang mungkin belum pernah saya temukan sebelumnya. Pengalaman baru yang membuat saya tau bahwa di pelosok negeri ini ada dan akan terus ada suatu tempat baru yang memiliki sesuatu yang luar biasa. Suatu anugerah Tuhan untuk negeri tercinta ini.

Sumber Foto: Koleksi pribadi, diambil dengan Kamera Samsung WB350 milik teman saya, Kamera Belakang Iphone 6+, dan kamera DSLR milik penyedia jasa foto.

 

Itinerary & Biaya Perjalanan: Ringkasan Itinerary & Biaya Perjalanan Jogjakarta 7D7N (5-11 November 2016)

Baca Juga:

[JOGJA TRIP – DAY 1 – 05.11.2016] Jogjakarta: Ramah, Santai, Ekonomis & Selalu Ku Rindukan

[JOGJA TRIP – DAY 2 PART 2 – 06.11.2016] Candi Borobudur: A New Insight & Perspective

Fakta, Tips & Saran Jalan-Jalan di Jogjakarta

Tempat-Tempat Wisata di Jogjakarta

TRAVEL as MUCH, as FAR, as LONG as YOU CAN. LIFE’s not MEANT to be LIVED in ONE PLACE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *