[THINGS TO DO] Fakta, Tips & Saran Jalan-Jalan di Singapore

Singapore merupakan sebuah negara kecil yang luasnya hanya sedikit lebih besar dari Ibu Kota Indonesia, yaitu DKI Jakarta, tetapi memiliki perkembangan dalam banyak hal yang jauh lebih baik dari Indonesia. Singapore sudah menjadi tujuan wisatawan dari seluruh dunia sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Lebih luar biasanya lagi, dalam 2 dekade terakhir, Singapore membangun banyak infrastruktur dan juga tempat wisata yang sangat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke negara ini.

Kita sebut saja Gardens by the Bay dan Marina Bay Sands, yang adalah 2 tempat wisata yang terbilang baru dan menjadi tempat yang amat menarik perhatian wisatawan. Tidak peduli besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk ada di tempat ini, tetap saja tempat ini selalu ramai dikunjungi. Begitulah Singapore, tidak pernah kehilangan keindahan dan selalu sayang jika dilewatkan. Berikut ini saya mencoba berbagi fakta, tips dan saran tentang Singapore. Semoga bermanfaat ya.

Kendaraan Pribadi di Singapore Vs Indonesia

Jika Anda membandingkan kendaraan pribadi yang ada di Singapore dan Indonesia, Anda akan melihat perbedaan yang cukup signifikan. Apabila di Indonesia terdapat jenis kendaraan yang sangat beragam, mulai dari yang kelas bawah hingga kelas elit (masih ada juga kendaraan yang sudah tidak layak jalan, tapi masih digunakan), Singapore memberikan penglihatan yang sedikit berbeda, yaitu kendaraan yang ada di jalan-jalan Singapore masih sangat layak dikendarai, penampilannya sangat baik, dan rata-rata adalah jenis kendaraan menengah ke atas. Di Singapore kendaraan yang dijual memiliki harga tinggi sehingga tidak semua kalangan mampu untuk membelinya. Demikianlah Singapore membuat kebijakan ini untuk mencegah masalah kemacetan.

Transportasi Umum di Singapore

Oleh karena tidak semua kalangan mampu untuk membeli kendaraan pribadi, pemerintah Singapore sudah mempersiapkan transportasi umum yang sangat layak dengan harga murah dan menjangkau hampir sebagian besar wilayah Singapore. Mass Rapid Transit (MRT) dan Bus adalah 2 jenis transportasi umum paling favorit yang digunakan oleh warga Singapore dan juga oleh wisatawan yang berkunjung ke Singapore.

Jalur MRT di Singapore terbagi menjadi 5 koridor, yaitu East West Line (Hijau), North South Line (Merah), North East Line (Ungu), Circle Line (Jingga), dan Downtown Line (Biru). Untuk menggunakan MRT Anda bisa membeli EZ-Link Card seharga SGD 12 (saldo SGD 7) atau membeli Tourist Pass. Untuk penggunaan jangka panjang, Anda sebaiknya menggunakan EZ-Link Card. Sedangkan untuk penggunaan sekali-sekali saja lebih baik menggunakan Tourist Pass. Untuk biaya perjalanan antara EZ-Link Card dan Tourist Pass adalah sama. Anda bisa membuka peta MRT Singapore di sini.

Sedangkan untuk bus, penggunaannya tidak semudah menggunakan MRT, Anda harus mengetahui nama jalan atau nama halte yang hendak Anda tuju. Selain itu, Anda juga harus mengetahui nomor bus yang melayani jalur Anda itu. Dan bagi saya, bagian tersulit dari penggunaan bus adalah Anda harus menghitung Anda harus turun setelah berapa kali berhenti karena bus tidak mengumumkan nama halte setiap kali berhenti, tidak seperti MRT. Namun cara termudah mengetahui Anda harus naik dan turun di mana adalah dengan bantuan Google Maps.

Selain kedua transportasi ini, Anda bisa menggunakan taksi, tentunya dengan tarif yang jauh lebih mahal atau menggunakan jasa taksi online seperti Grab atau Uber dengan tarif yang lebih murah dibandingkan taksi konvensional. Bahasan mengenai transportasi umum di Singapore yang lebih jelas akan saya tulis dalam postingan tersendiri.

Never Break The Rule!

Meskipun Singapore hanyalah sebuah negara kecil, tetapi penegakkan hukum di Singapore patut diacungi jempol. Singapore memiliki peraturan-peraturan standar yang juga diberlakukan oleh banyak negara lain, yang membedakan adalah bagaimana Singapore menjalankan peraturan itu. Peraturan itu seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan dan tidak boleh menyeberang jalan raya sembarangan. Peraturannya sederhana, tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa, tetap saja akan mengalami masalah tersendiri.

CCTV di Singapore tersebar hampir di seluruh tempat-tempat publik sehingga ketika Anda membuang sampah atau menyeberang jalan sembarangan, besar kemungkinan wajah Anda sudah terekam CCTV. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena Singapore menyediakan banyak tempat sampah di ruangan publik dan tentunya zebra cross serta jembatan penyeberangan untuk memfasilitasi kita agar tidak melanggar peraturan di sana.

Ketika Anda berkunjung ke Singapore, sebaiknya Anda tidak lupa bahwa Anda sedang di negeri asing yang mana mengikuti aturan yang berlaku merupakan sebuah kewajiban yang suka atau tidak harus Anda patuhi. Saya sangat tidak merekomendasikan Anda untuk coba-coba “bandel” melanggar aturan di sana, karena saya meyakini bahwa pemerintah Singapore tidak akan segan untuk mencekal Anda masuk Singapore jika Anda tidak tertib dan tidak patuh di sana.

Follow Their Habit

Selain aturan-aturan baku yang ketat, semua orang yang sedang berada di Singapore juga diatur oleh semacam kebiasaan yang semakin lama menjadi seperti aturan tidak baku, tetapi Anda akan menjadi pusat perhatian atau mungkin menjadi sasaran amarah jika Anda tidak ikut pada kebiasaan itu. Beberapa contoh kebiasaan itu adalah: 1) Anda harus berjalan cepat terutama saat jam-jam sibuk di Singapore; 2) Anda harus berdiri di sebelah kiri ketika menggunakan eskalator, karena sebelah kanan digunakan untuk mereka yang buru-buru; 3) Anda harus membiarkan orang keluar terlebih dahulu baru Anda masuk ketika menggunakan MRT. Hal-hal yang nampak sepele tetapi harus Anda ikuti ketika Anda berada di Singapore.

Persiapkan Segalanya

Ketika saat ini saya mengatakan persiapkan segalanya, maksud saya adalah benar-benar segalanya, mulai dari stamina hingga keperluan traveling. Untuk keperluan traveling, saya rasa tidak perlu dijelaskan rinci, Anda pasti sudah tau apa yang Anda perlukan, charger HP, obat-obatan, charger kamera, shampo, sabun, dll. Satu hal yang ingin saya garis bawahi di sini adalah tentang colokan listrik yang ada di Singapore adalah colokan berkaki tiga, bukan berkaki dua seperti yang banyak tersedia di Indonesia sehingga Anda perlu untuk menyiapkan colokan kombinasi berkaki tiga.

Terkait dengan stamina yang harus Anda siapkan, terutama Anda yang jarang berjalan kaki. Ketika Anda ke Singapore, maka hampir 100% perjalanan Anda berupa perjalanan dengan berjalan kaki, kecuali Anda memiliki budget lebih untuk menggunakan taksi. Oleh karena itu, Anda harus mampu untuk mengontrol stamina Anda dan juga kekuatan kaki Anda untuk berjalan dengan baik. Saran saya, jangan paksakan kaki Anda untuk berjalan terus ketika sudah letih. Sempatkan duduk secukupnya untuk memulihkan keletihan kaki Anda, karena berjalan dalam kondisi kaki yang sakit itu akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak menyenangkan.

Makanan di Singapore: Halal atau Non-Halal?

Satu hal paling mencolok antara Indonesia dan Singapore salah satunya adalah makanan. Tidak seperti di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam, Singapore memiliki penduduk mayoritas beragama Buddha dan Kristiani. Oleh karena itu, Anda akan sangat sulit menemukan makanan halal di Singapore. Anda yang tidak bisa mengkonsumsi makanan tidak halal seperti daging babi, saya menyarankan Anda untuk berhati-hati sebelum membeli makanan. Tips paling mudah dari saya, lihat penjualnya sebelum Anda membeli makanan. Jika penjualnya adalah orang Melayu atau India, kemungkinan besar makanan tersebut halal. Tetapi, jika penjualnya orang Chinese, bisa saja makanan itu tidak halal. Anda bisa menemukan banyak makanan halal di daerah Arab Street dan Haji Lane.

Welcome To One Of Greatest Tourist Friendly Country In The World

Jika Anda mengunjungi suatu negara asing, apalagi jika Anda baru pertama kali mengunjunginya, akan ada kekhawatiran bahwa Anda tidak menemukan tempat yang ingin Anda kunjungi atau yang paling buruk Anda akan tersesat. Tetapi di Singapore Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Ada banyak petunjuk jalan yang bisa Anda lihat dan ada banyak orang berlalu lalang yang bisa Anda tanyai. So, don’t be ashamed to ask, as long as you use your eyes to see and your mouth to ask, you will never lost your way there.

Baca Juga:

[SG TRIP – DAY 1 PART – 12.11.2016] Bersyukurlah dan Berikan dari Kekuranganmu

[ITINERARY] Ringkasan Itinerary dan Biaya Perjalanan Singapore 2D1N (12-13 November 2016)

[PLACES TO GO] Tempat-Tempat Wisata di Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *